KBBI


Sabtu, 09 Juni 2012

Hasil Reproduksi Penelitian

Membaca Komphrehensif
 Oleh: 
Hanivah Diyah Novitasari
A310110157
 
 
Teks Asli Penelitian
 
Pola Permainan Sosial :
Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosi Anak
 
 
Nurul Hartini, Fakultas Psikologi, Universitas Airlangga
Jurnal Anima, Vol. 19, No. 3, April 2004: 271-285
 
 
Abstrak
 
Telah dianalisis pengaruh pola permainan sosial terhadap anak-anak pra-sekolah untuk meningkatkan inteligensi emosional mereka, termasuk efektivitas pola-pola demikian. Para subjek berasal dari Taman Kanak-Kanak Jaya Negara (n = 45) sebagai kelompok eksperimen, dan Taman Kanak-Kanak Mojo (n = 38) sebagai kelompok kendali. Data didapatkan melalui observasi. Inteligensi emosional anak-anak tersebut diukur berdasarkan checklist tentang indikator kecerdasan emosi dari konsep Goleman (1996b). Hasil-hasil menunjukkan bahwa pola permainan sosial sangat efektif dalam meningkatkan inteligensi emosional anak. Didiskusikan terungkapnya perbedaan peningkatan inteligensi emosional antar jenis kelamin.

Kata kunci : pola permainan sosial, kecerdasan emosional, anak prasekolah


Hasil Reproduksi Penelitian 

Dunia anak tidak lepas dari dunia bermain. Dengan bermain anak mendapatkan banyak manfaat yang berguna dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik, motorik, psikologis / emosi, dan sosial. Salah satu jenis permainan yang mampu memotivasi pertumbuhan dan perkembangan dalam aspek emosi anak yaitu pola permainan yang bernuansa sosial. Pada penelitian ini bertujuan menguji apakah permainan sosial terhadap anak usia pra-sekolah dapat meningkatkan inteligensi emosional. Metode yang digunakan untuk pemerolehan data dilakukan melalui observasi langsung disertai pengisian lembar checklist yang sudah berdasarkan indikator dari konsep Goleman (1996b). Guna menambah kekuatan validitas data dari hasil observasi ditambah dengan wawancara yang melibatkan guru dan orang tua.
Hasil penelitian yang dapat dirumuskan bahwa pola permainan sosial berpengaruh positif dan berperan cukup efektif dalam meningkatkan kecerdasan emosi anak usia pra-sekolah. Tentunya hal ini diperlukan sebuah bentuk kerjasama yang baik antara pihak orang tua maupun guru untuk mengupayakan pengadaan pola-pola permainan sosial demi peningkatan kecerdasan emosional.

 Kata kunci : pola permainan sosial, kecerdasan emosional, anak prasekolah


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar