Membaca Komphrehensif
Oleh:
Hanivah Diyah Novitasari
A310110157
Teks Asli Penelitian
Pola Permainan Sosial :
Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosi Anak
Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosi Anak
Nurul Hartini, Fakultas Psikologi, Universitas Airlangga
Jurnal Anima, Vol. 19, No. 3, April 2004: 271-285
Abstrak
Telah
dianalisis pengaruh pola permainan sosial terhadap anak-anak pra-sekolah untuk
meningkatkan inteligensi emosional mereka, termasuk efektivitas pola-pola
demikian. Para subjek berasal dari Taman Kanak-Kanak Jaya Negara (n = 45) sebagai kelompok eksperimen, dan
Taman Kanak-Kanak Mojo (n = 38)
sebagai kelompok kendali. Data didapatkan melalui observasi. Inteligensi emosional
anak-anak tersebut diukur berdasarkan checklist
tentang indikator kecerdasan emosi dari konsep Goleman (1996b). Hasil-hasil
menunjukkan bahwa pola permainan sosial sangat efektif dalam meningkatkan inteligensi
emosional anak. Didiskusikan terungkapnya perbedaan peningkatan inteligensi
emosional antar jenis kelamin.
Kata
kunci : pola permainan sosial, kecerdasan emosional, anak prasekolah
Hasil Reproduksi Penelitian
Dunia
anak tidak lepas dari dunia bermain. Dengan bermain anak mendapatkan banyak
manfaat yang berguna dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik,
motorik, psikologis / emosi, dan sosial. Salah satu jenis permainan yang mampu
memotivasi pertumbuhan dan perkembangan dalam aspek emosi anak yaitu pola permainan yang bernuansa sosial.
Pada penelitian ini bertujuan menguji apakah permainan sosial terhadap anak usia
pra-sekolah dapat meningkatkan inteligensi emosional. Metode yang digunakan
untuk pemerolehan data dilakukan melalui observasi langsung disertai pengisian lembar checklist yang sudah berdasarkan indikator dari
konsep Goleman (1996b). Guna menambah kekuatan validitas data dari hasil
observasi ditambah dengan wawancara yang melibatkan guru dan orang tua.
Hasil
penelitian yang dapat dirumuskan bahwa pola permainan sosial berpengaruh
positif dan berperan cukup efektif dalam meningkatkan kecerdasan emosi anak
usia pra-sekolah. Tentunya hal ini diperlukan sebuah bentuk kerjasama yang baik
antara pihak orang tua maupun guru untuk mengupayakan pengadaan pola-pola
permainan sosial demi peningkatan kecerdasan emosional.
Kata
kunci : pola permainan sosial, kecerdasan emosional, anak prasekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar