KBBI


Minggu, 11 Maret 2012

Portofolio 1


Nama   : Hanivah Diyah Novitasari
NIM    : A310110157
Kelas   : 2C

Judul                           : Morfologi Telaah Morfem dan Kata                                    
Penulis                         : Dr. Muhammad Rohmadi, M. Hum, dkk
Penerbit                       : Yuma Pustaka
Tahun Terbit                : 2010 
Jumlah Halaman          : 271 halaman

Buku ini merupakan karya Dr. Muhammad Rohmadi, M. Hum, Drs. H. Yakub Nasucha, M. Hum, dan Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum yang berjudul “Morfologi : Telaah Morfem dan Kata”. Pada buku tersebut membahas mengenai Morfologi sebagai bidang lingustik yang mempelajari morfem dan kombinasi-kombinasinya. Berbicara mengenai morfologi maka akan erat kaitannya dengan berbicara bahasa sebagai alat komunikasi. Bahasa bukan satu-satunya alat komunikasi manusia karena juga dikenal alat komunikasi lain seperti isyarat, aneka simbol, kode, dan bunyi,. Semua itu akan bermakna setelah diterjemahkan ke dalam bahasa manusia.

Bahasa memiliki peran penting bagi kehidupan manusia  sehingga tidak perlu diragukan lagi. Bahasa tidak hanya dipergunakan untuk kehidupan sehari-hari tetapi bahasa juga diperlukan untuk menjalankan segala aktivitas hidup manusia seperti penelitian, penyuluhan, pemberitaan, menyampaikan pikiran, dan perasaan. Oleh karena itu, mengapa morfologi menjadi penting dalam pembelajaran bahasa karena memiliki peranan penting dalam pembentukan morfem dan kata sebagai dasar pembentukan frase, klausa, kalimat, paragraf, dan wacana.
Buku “Morfologi : Telaah Morfem dan Kata” mengajak para pembaca mengulas masalah-masalah konsep teori dan praktek morfologi. Melalui buku tersebut saya mendapatkan pengetahuan baru yang mana dahulunya saya belum mengetahuinya. Morfologi perlu untuk dipelajari karena kita bisa tahu bagaimana susunan kata yang baik dan benar. Adanya  morfologi bisa menbantu mempelajari seluk-beluk bentuk kata serta pengaruh perubahan-perubahan bentuk kata terhadap golongan dan arti kata.
Pada hakikatnya  buku “Morfologi : Telaaah Morfem dan Kata” dalam pemaparannya menggunakan bahasa yang mudah dicerna oleh pembaca, penyusunan yang sistematis disertai bentuk latihan-latihan setelah pembaca selesai menuntaskan bacaan. Latihan tersebut berguna untuk mengetahui sejauh mana materi yang telah dikuasai oleh pembaca. Akan tetapi, pada buku tersebut terdapat istilah asing ataupun baru yang mana masih perlu untuk dibahas lebih lanjut agar pembaca tidak kebingungan.
Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi para pembaca untuk menambah wawasan dalam bidang lingustik khususnya morfologi. Tak lupa karya-karya selanjutnya ditunggu untuk perbaikan buku di masa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar